Gubernur BI Ungkapkan 4 Cara ISEI Memulihkan Ekonomi Negara

- 1 September 2021, 22:35 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. /Dok. Bank Indonesia

PORTAL PAPUA BARAT - Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia (BI) berharap agar Sarjana Ekonomi Indonesia atau ISEI untuk terus mendukung pemulihan ekonomi nasional, terutama di periode pandemi Covid-19.

Perry yang juga merupakan ketua ISEI memaparkan empat strategi yang harus dilakukan ISEI dalam mendukung pemulihan ekonomi.

Pertama, yaitu berpartisipasi aktif mendukung dan mendorong inisiasi, baik pemerintah pusat maupun daerah, untuk mempercepat pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Kejar Capaian Literasi dan Numerasi Siswa, Kemendikbud Bakal Sederhanakan Kurikulum

Perry mengatakan, harus ada sinkronisasi antara vaksinasi Covid-19, pemberlakuan PPKM, dan pembukaan sektor yang produktif dan aman, serta meningkatkan sinergi antara fiskal, moneter, dan kredit di sisi perbankan.

Kedua, yaitu memperkuat strategi untuk mendorong inovasi dan implementasi kebijakan reformasi struktural. Ini dilakukan melalui hilirisasi sumber daya alam (SDA) ke sektor manufaktur, memperkuat rantai ekonomi secara lokal, secara nasional, dan global, pembangunan infrastruktur konektivitas fisik dan digital, serta pembangunan ekonomi kreatif, kewirausahaan, SDM, dan teknologi.

"Yang harus menjadi perhatian kita bersama adalah perkembangan ekonomi keuangan hijau, ramah lingkungan, di sinilah peran strategis ISEI diperlukan untuk memberikan pemikiran dan solusi konkret untuk bagaimana reformasi struktural dilakukan," papar Perry.

Ketiga, yaitu melakukan digitalisasi ekonomi dan keuangan, serta di bidang lain secara keseluruhan, seperti pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Baca Juga: Pembangunan Ekonomi Rendah Karbon, Pacu Laju Perekonomian Nasional

Halaman:

Editor: Bee Benn


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah