Termasuk Papua Barat Daya, BMKG Sebut Sejumlah Provinsi Diprakirakan Alami Hujan Lebat

- 5 Januari 2024, 07:16 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi / Sumber Artikel berjudul "Prakiraan Hujan di Wilayah Jabodetabek, Periode 23-28 Oktober 2022", selengkapnya dengan link: https://depok.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-095725738/prakiraan-hujan-di-wilayah-jabodetabek-periode-23-28-oktober-2022

Papua Barat – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan  bahwa wilayah Papua, Papua Barat dan Papua Barat Daya diprakirakan akan mengalami hujan lebat pada jumat, 5 Januari 2024.

Selain diprakirakan mengalami hujan lebat, beberapa wilayah di Indonesia juga masuk dalam prakiraan mengalami angin kencang.

Baca Juga: Bangunan Baru SD Negeri Syujak Dipalang, Kontraktor Diduga Menghilang

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto mengemukakan Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan dapat menjadi salah satu faktor yang memicu cuaca ekstrem di beberapa wilayah.

"Monsun Asia itu mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah di sekitar wilayah Indonesia, sehingga pertumbuhan awan hujan di periode Januari ini diprediksikan cukup intens," paparnya.

Baca Juga: Malaysia Diancam AS yang Tak Anggap Hamas Sebagai Teroris

Pada situs BMKG periode Jumat, BMKG menyebutkan hujan lebat diprakirakan terjadi di  Papua, Papua Barat (Daya), Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, MalukuProvinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Baca Juga: Gibran Pamit ke Puan Maharani, FX Rudi : Hindari Spekulasi Liar yang Seret Nama Megawati

Sementara itu, provinsi yang diprakirakan juga mengalami potensi angin kencang lebih dari 45 km per jam yakni Sumatera Selatan, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Sejumlah provinsi Indonesia tersebut diprakirakan mengalami hujan lebat yang dapat disertai angin kencang pada hari Jumat ini, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).***

Editor: Rafael Fautngiljanan

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah